Senin, 04 April 2011

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU 3142 MDPL

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU 3142

Gunung Merbabu yang mempunyai ketinggian 3142 MDPL, merupakan salah satu Gunung yang selalu ramai dikunjungi oleh pendaki dari berbagai daerah, dikarenakan gunung ini mempunyai jalur pendakian yang sangat menantang dan pemandanganya sangat fantastis.
         Dalam melakukan Perjalanan ini Tim KPA PAKABI kami yang berjumlah 4 orang melakukan perjalanan dari Solo  jam 09:00 menujuh Desa Selo, yang merupakan salah satu kecamatan yang terdapat dibawah kaki gunung Merbabu. Setelah sampai di Desa Selo kita turun di pasar kemudian berjalan menuju Pos Polisi yang terletak tidak jauh, sekitar 100 m. Jalan menuju kampung terakhir dimulai di depan Pos Polsek ini.

Perjalanan kita mulai menuju ke kampung Tuk Pakis yang merupakan Kampung terakhir untuk mencapai puncak Gunung Merbabu. Untuk tiba di kampung ini perjalanan melewati jalanan berbatu melalui Kampung Jarakan (1.580 m dpl) dan kampung Selo Tengah sekitar 1 jam perjalanan dari Pos Polisi.
Setelah kami sampai dibasecam Merbabu didusun tur Pakis sekitar Jam 11:00 malam. Kami disambut dengan hujan gerimis, akhirnya kami beristirahat sejenak dibasecamp merbabu, Untuk persediaan air sebelum melakukan pendakian kami mengambil air di kampung ini karena sumber air tidak kita temui lagi sepanjang pendakian ke puncak Gunung Merbabu.
Setelah hujan cukup redah kami pun bersiap untuk melakukan pendakian pada malam hari. Dari basecamp merbabu kita berjalan menujuh kearah batas lading dan hutan yang tidak terlalu jauh. Dari batas hutan dan ladang perjalanan di teruskan di jalan setapak yang akan menemui banyak percabangan menuju ke atas tetapi jalanan akan bertemu di satu tempat yaitu di jalan pertigaan pertama.

Dari pertigaan pertama kita menuju ke jalan yang lurus atau ke arah kanan sama saja, mulai akan bertemu di percabangan jalan. Dari percabangan kita ambil jalan ke arah kiri yang melewati sebuah bukit maka kita akan sampai di Dok Jarakan (45 menit), lalu jalan ke arah kanan kita akan sampai di Dok Malang. Perjalanan dari Dok Jarakan ke Dok Malang di butuhkan waktu sekitar 30 menit.
Dari Dok Malang, kita berjalan ke arah kiri sampai ketemu hutan yang agak lebat, belok ke arah kanan, menyusuri pinggiran jurang kita akan sampai di pertigaan Ampel. Kemudian perjalanan diteruskan menyusuri jalanan lurus, lalu ke arah kiri selama 1 jam kita akan sampai di Pos Gopa.,dan kita teruskan menuju ke Batu Gubuk.
Dari Batu Gubuk diteruskan lagi menuju ke Sabana I. Dari Sabana I jalan mulai landai dan kita akan sampai di Sabana II, sebuah padang rumput yang letaknya dilereng Gunung Kukusan. Dari Sabana II kita langsung bisa menuju ke puncak Kenteng Songo (3.142 m.dpl). Dari Puncak kenteng Songo kita meneruskan perjalanan ke puncak Sarip (3.120 m.dpl). Total perjalanan dari Selo sampai ke puncak Gunung Merbabu membutuhkan waktu 7-8 jam dan turunnya 5 jam perjalanan.